Epilepsi Sejak Kecil dan Teratur Minum Obat, Amankah?

Epilepsi Sejak Kecil dan Teratur Minum Obat, Amankah?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 07 Mar 2016 10:43 WIB
Ditinjau oleh :
Ilustrasi: Thinkstock
Jakarta - Dok saya menderita epilepsi sejak kecil dan teratur minum carbamazepin. Kontrol terakhir saya diberi tambahan obat vitamin E dan obat semacam antimo. Apa efek kedua obat tersebut buat saya? Saya dianjurkan minum obat semacam antimo itu tiap malam untuk menimbulkan efek nafsu makan. Apakah itu aman dikonsumsi setiap hari? Terimakasih.

Shera (Wanita, 23 tahun)
dens.molaXXXXX@gmail.com
Tinggi 155 cm, berat 42 kg

Jawaban

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pengobatan epilepsi memang dilakukan dalam jangka panjang. Penambahan obat lain selain obat anti epilepsi mungkin diindikasikan untuk keluhan atau kondisi tertentu yang bisa berbeda pada tiap-tiap individunya.

Baca juga: Solusi untuk Kedutan yang Mengganggu

Pemberian vitamin E masih dapat digunakan sebagai penunjang, antara lain sebagai antioksidan, namun pemberiannya juga harus dibawah pengawasan dokter. Obat yang dikatakan semacam antimo saya belum bisa memastikan komposisi obat yang dimaksud, sehingga belum dapat ditentukan aman atau tidaknya.

Baca juga: Anak Sering Kejang Saat Demam, Bisakah Disembuhkan?

Dalam pemberian obat, tentu ada tujuan, indikasi dan kemungkinan muncul efek samping yang sangat beragam di tiap individu, sehingga perlu dilakukan kontrol dan pemeriksaan secara berkala.

dr. Latifah, SpS
Spesialis Saraf di RS Permata, Depok
www.rspermatadepok.com

(hrn/vta)